PEMBAGIAN KELOMPOK, MK: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

MK: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN, Jam 3-6

Deskripsi tugas :

> membuat power point untuk kurang lebih 30 menit

>makalah 5-10 halaman, kertas a4, Font: 12 arial / times new roman, spasi 1,5 tidak perlu dijilid, difotokopi 10 kali.

 

KELOMPOK 1

 

MATERI : BEHAVIOUR

 

INDAH

MARIA

YULIA

SANTI

NURITA

SIFA

KELOMPOK 2

 

MATERI: Menjelaskan kaitan teori belajar dengan teori pembelajaran

 

RIKA

ARNI

APRIL

DWI P

AGYS

RAJIH

KELOMPOK 3

 

MATERI: Mengidentifikasi ranah belajar dalam pembelajaran

 

ADINDA

HENI

PRIVE

ANESYA

IMAY

IRBAT

KELOMPOK 4

 

MATERI: HUMANISME

 

ANDINA

BELIA

NONNY

OCTAVIYANA

TURRIYA

IMA

KELOMPOK 5

 

MATERI: KOGNITIV

 

ARDILLAH

ASFHA

NONIK

NENNY

AINUL

YENNY

Tatap Muka

Kompetensi Dasar

Materi Dasar

Strategi Perkuliahan

1-2

Menjelaskan teori belajar behaviorisme 
  • Teori pengkondisian Ivan Pavlov
  • Teori S-R John Watson
  • Teori koneksionisme Edward Thorndike
  • Teori pengkondisian BF Skinner.
  • Prinsip teori behaviorisme

 

Ceramah, diskusi dan problem solving

3

Menjelaskan teori belajar kognitivisme
  • Percobaan Tollman
  • Teori Jerome Brunner
  • Teori Noam Chomsky
  • Teori Piaget
  • Teori vygotsky
  • Prinsip teori belajar kognitif
Ceramah, diskusi dan problem solving

4

Menjelaskan teori belajar konstruktivisme
  • Pengertian teori konstruktivisme
  • Teori piaget tentang konstruktivisme
  • Prinsip teori konstruktivisme
Ceramah, diskusi dan problem solving

5

Menjelaskan teori belajar humanisme
  • Pengertian teori humanisme
  • Prinsip teori humanisme
Ceramah, diskusi dan problem solving

6

Menjelaskan teori belajar sosial
  • Pengertian teori belajar social
  • Teori Bandura
  • Teori imitasi
  • Teori generalisasi-imitasi
  • Faktor yang mempengaruhi imitasi
  • Prinsip teori belajar sosial
Ceramah, diskusi dan problem solving

7

Mengidentifikasi ranah belajar dalam pembelajaran
  • Ranah belajar kognitif
  • Ranah belajar afektif
  • Ranah belajar psikomotor
Ceramah, diskusi dan problem solving

8

Ujian Tengah Semester

9

Menjelaskan kaitan teori belajar dengan teori pembelajaran
  • Esensi teori belajar
  • Esensi teori pembelajaran
  • Kaitan teori belajar dengan pembelajaran
Ceramah, diskusi dan problem solving

10

Menjelaskan model/strategi pembelajaran kognitif
  • Prinsip pembelajaran kognitif
  • Siklus belajar
  • Mastery learning
  • Algo-heuristik
  • Cognitive network
  • Concept learning
Ceramah, diskusi dan problem solving

11

Menjelaskan model/strategi pembelajaran afektif
  • Prinsip pembelajaran afektif
  • Modelling
  • Learning strategy

 

Ceramah, diskusi dan problem solving

12

Menjelaskan model/strategi pembelajaran psikomotor
  • Prinsip pembelajaran psikomotor
  • Project Based Instruction
  • Learning stage
Ceramah, diskusi dan problem solving

13

Menjelaskan model/strategi pembelajaran kompleks/gabungan
  • Prinsip pembelajaran kompleks
  • Multiple strategi
Ceramah, diskusi dan roblema solving

14-15

REVIEW DAN PENGUMPULAN TUGAS

16

Ujian Akhir Semester


3 thoughts on “PEMBAGIAN KELOMPOK, MK: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s